Sunday, April 3, 2016

Jurnal 4 : Penerapan Manajemen Pengetahuan pada Industri Kesehatan, oleh Edward T. Chen


Kemajuan dalam informatika kesehatan bersama dengan praktek manajemen pengetahuan, menciptakan tantangan dalam hal adopsi. Makalah ini membahas peran KM dan isu-isu implementasi KM di industri kesehatan. Praktek KM mendapat keuntungan banyak industri mulai dari perbankan sampai ritel. Hal ini secara luas diyakini bahwa KM juga akan menguntungkan industri kesehatan jika pelaksanaan KM direncanakan dan dilaksanakan dengan benar. KM akan mengubah cara di mana rumah sakit, dokter, dan pasien berinteraksi. KM dapat diterapkan untuk memenuhi permintaan atas perawatan yang berkembang dengan bertambahnya jumlah penduduk dan pensiun bertahap “baby boomer”.

KESIMPULAN
Secara keseluruhan, pelaksanaan praktek manajemen pengetahuan dan sistem adalah topik yang sangat menarik di antara masyarakat kesehatan dan dunia usaha. Ada banyak artikel yang diterbitkan setiap tahun pada isu-isu KM ini dalam perawatan kesehatan. Namun, tampaknya ada kurangnya analisis rinci tentang pelaksanaan sebenarnya dan pelajaran dengan yang ada berbasis IT implementasi manajemen pengetahuan dalam industri kesehatan. Mayoritas penelitian dan sumber informasi lainnya tentang manajemen pengetahuan, kesehatan, dan informatika muncul untuk fokus pada teori dan praktek. Sementara pengembangan dan penciptaan sistem rekam medis elektronik tampak menarik sekarang. Ini meletakkan dasar dari sistem informasi kesehatan standar. Penelitian dari materi pelajaran ini memberikan wawasan yang menarik ke dalam kemungkinan praktek KM dalam sistem kesehatan masa depan.

Masalah umum dari informasi yang berlebihan telah dilaporkan dalam komunitas kesehatan. Hal ini dapat dipahami mengingat diferensiasi dan sifat yang luas dari profesi medis. Tampaknya solusi informasi kesehatan seperti sistem manajemen rekam medis elektronik menjadi lebih populer dengan rumah sakit. Mereka memiliki modal dan sumber daya untuk membeli usaha tersebut. Misalnya, Mitra Kesehatan Incorporated di mengelola beberapa nilai atas rumah sakit dari biaya timur dari Amerika Serikat seperti Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Brigham dan Rumah Sakit Wanita. Pada tahun 1994, Mitra diprakarsai sistem catatan manajemen elektronik melalui InterSystems Ensemble. InterSystems, solusi berbasis web, disediakan Mitra dengan kemampuan untuk mengintegrasikan beberapa sistem rekam medis elektronik dan repositori data yang ada yang berisi informasi pasien. Secara keseluruhan, usaha ini menghasilkan penghematan pengeluaran rumah sakit dan pengurangan reaksi obat obat resep. Namun, pengembangan solusi TI rekam medis elektronik tampaknya menjadi platform terus berkembang. Selama Mei 2012, Mitra mengumumkan sepuluh tahun informatika kesehatan usaha baru dengan EPIC untuk memajukan infrastruktur TI organisasi dan memberikan tidak hanya dokter, tetapi juga pasien dengan akses yang lebih besar ke informasi rekam medis seperti catatan pemeriksaan, hasil lab, keuangan, dan medis lainnya pengetahuan dari praktik terbaik dan berbasis pengetahuan sumber.

Hal ini diduga bahwa industri perawatan kesehatan adalah dalam mengadopsi praktik manajemen pengetahuan dan solusi berbasis IT dalam upaya untuk mempertahankan efisiensi operasional dan beroperasi secara kolaboratif untuk berbagi informasi dan pengetahuan dengan mitra dan pasien. Pelaksanaan sistem manajemen pengetahuan yang dirancang dengan baik ditujukan untuk meringankan risiko yang terkait dengan diagnosa medis dan perawatan di masa depan. Hal ini sangat mungkin bahwa KMS kesehatan adat akan memungkinkan orang-orang dengan kebutuhan medis untuk mengakses pengetahuan kesehatan profesional dan saran secara virtual. Pasien dapat melihat dokter atau praktisi perawat jarak jauh. Mereka tidak perlu lagi secara fisik pergi ke dokter. Sejak munculnya internet, tampaknya ada pergeseran dalam pengetahuan medis berkaitan dengan mana orang mencari wawasan lebih lanjut ke dalam berbagai pertanyaan medis dan gangguan. Secara online repositori pengetahuan dasar seperti WebMD telah banyak dikembangkan untuk menyediakan pengunjung dengan pengetahuan eksplisit yang mudah untuk dipahami. video pendidikan membantu untuk mentransfer pengetahuan tacit ke dalam format yang mudah dicerna. Kemajuan lebih lanjut dari sistem informasi medis berbasis cloud dan berbasis pengetahuan repositori tidak diragukan lagi akan menyebabkan pasien untuk mengambil partisipasi yang lebih besar dalam keputusan kesehatan mereka sebagai pengetahuan medis menjadi terstruktur dan tersedia.

No comments:

Post a Comment